Saturday 14 January 2017

PROPOSAL USAHA “Agar-Agar Coklat”

Pengembangan Rencana Usaha 
“Agar-Agar Coklat”


Profil Usaha 
             Agar-agar adalah salah satu produk bahan makanan yang terbuat dari rumput laut. Zat yag terkandung dalam agar-agar sangat baik untuk pencernaan dan penambah nutrisi dalam tubuh. Dalam agar-agar terkandung vitamin, mineral colloidal, iodin, asam lemak esensial, asam amino, dan berbagai enzim.
             Agar-agar memang makanan yang banyak di gemari, apalagi Agar-agar Coklat. Agar-agar memang sangat cocok di sajikan disaat cuaca sedang panas, bisa juga disajikan sebagai makanan untuk acara-acara tertentu.
            Agar-agar / puding coklat memang merupakan makanan segar yang sangat baik untuk metabolisme tubuh. Bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat agar-agar tidak terlalu sulit untuk di temukan, selain itu proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit.
             Khusus buat ibu-ibu rumah tangga atau remaja putri, memasak puding untuk dihidangkan di meja makan tentu suatu bentuk kreatifitas tersendiri. Memang, aneka puding sudah banyak kita temukan di pasaran. Agar-agar / pudding merupakan makanan favorit, layaknya pancake. Apalagi ditambah dengan coklat yang pasti kita tahu bersama merupakan makanan yang disukai banyak orang dimana saja.

Manfaat Agar-Agar Coklat:
               Agar-agar coklat ternyata sangat membantu metabolisme tubuh kita. Menurut beberapa sumber, ternyata puding ini terdiri atas 600 kalori, protein, serta karbohidrat. Agar-agar coklat sebaiknya dimakan pada waktu pagi hari, ketika metabolisme tubuh sedang aktif.
               Dengan begitu, biasanya seseorang dapat bekerja justru lebih baik dengan kelebihan kalori sepanjang hari. Sarapan pagi penting dalam menyediakan energi untuk melaksanakan perkerjaan, juga membantu fungsi otak dan mendorong dimulainya metabolisme. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika pada waktu sarapan, juga ditambahkan jenis makanan penutup, seperti agar-agar coklat.
               Hal ini dapat mengontrol nafsu makan sepanjang hari, dan semua itu ternyata penting untuk menurunkan berat badan. Itulah salah satu manfaat puding ini sebagai makanan penutup pada waktu sarapan.
               Menikmati kesegaran agar-agar ini memberikan rasa yang begitu berbeda, apalagi jika dapat diolah dengan benar. Namun, banyak juga hal yang terjadi di luar kemampuan kita. Jika bukan ahli memasak, biasanya selalu ada kemungkinan untuk gagal. Walau kita sudah membaca resep dengan benar dan takaran yang sesuai.

Aspek Pemasaran
Sasaran Pemasaran
Konsumen sebagai pengguna produk yang menjadi target pemasaran adalah siswa Sekolah Dasar, pusat perbelanjaan, taman kota, tempat-tempat pariwisata, dan masyarakat sekitar.
Strategi Pemasaran
Produk
Produk pudding / agar-agar sangat cocok untuk makanan camilan disamping itu makanan ini tidak menggunakan bahan pengawet dan aman dikonsumsi. Untuk menarik minat produk makanan pudding / agar-agar dikemas dan disajikan menarik, praktis, dan siap dimakan.
Harga Jual
Harga jual produk disesuaikan dengan harga pasar yaitu sebesar Rp.2000/cup. Dengan rasa dan tampilan menarik agar-agar ini dapat menarik minat para konsumen dan juga kaya akan serat serta sebagai makanan penunda lapar.
Promosi
Promosi agar-agar dilakukan dengan mendatangi konsumen secara langsung yaitu dengan menawarkan produk tersebut ke warung makanan, pusat perbelanjaan, pusat oleh-oleh, dan tempat lainnya.
Sistem Pemasaran dan Distribusi
Pemasaran produksi dimulai dari pusat keramaian yaitu taman kota dan tempat pariwisata di Surabaya. Selain itu, dengan cara dititipkan di kantin-kantin sekolah, relasi dan para pemilik warung.

Produk dan Penetapan Harga
Bahan dan Alat Produksi
Usaha pembuatan agar-agar membutuhkan bahan baku berupa agar-agar bubuk. Bahan baku tersebut tersedia cukup melimpah dan mudah untuk didapatkan. Bahan pendukung antara lain air, gula pasir, susu, keju dan coklat tabur. Sedangkan untuk peralatan yang dibutuhkan antara lain:
1. Kompor
2. Panci
3. Cup plastik
4. Plastik pembungkus
5. Sendok plastik

 Tabel Kebutuhan Peralatan
No
Nama Barang
Jumlah
Harga Satuan
Harga
1
Kompor 
1 buah
-
-
2
Panci
1 buah
-
-
3
Cup Plastik
2 pack
Rp. 5.000
Rp.10.000
4
Plastik Pembungkus
1 pack
Rp. 3.000
Rp. 3.000
5
Sendok Plastik
1 pack
Rp. 5.000
Rp. 5.000

Jumlah 


Rp. 18.000


Tabel kebutuhan bahan baku dan pendukung tiap produksi
No
Nama Barang
Jumlah
Harga
1
Agar-agar coklat
3 bungkus
Rp. 8.000
2
Agar-agar rasa buah
3 bungkus
Rp. 7.000
3
Gula pasir
1 kg
Rp. 12.000
4
Coklat tabur
2 sachet
Rp. 15.000
5
Keju
1 kemasan kecil
Rp. 10.000
6
Susu kental manis
2 sachet 
Rp. 3.000
7
Tabung gas
3 kg
Rp. 15.000

JUMLAH

Rp. 70.000
Total keseluruhan adalah Rp.88.000



Estimasi 
Dari semua bahan tersebut, bisa menghasilkan 60 cup agar-agar. Modal awal membutuhkan Rp.88.000. Dari 60 cup agar-agar tersebut dijual Rp.2000/cup tiap hari. Rinciannya sebagai berikut:

Harga asli    Rp.88.000 + 60 cup agar-agar = Rp.1.467/cup
Harga jual    Rp.2000/cup
                    60 cup agar-agar x Rp.2000 = Rp.120.000
Laba           Rp.533/cup        
Total laba keseluruhan adalah Rp.120.000 – Rp.88.000 = Rp.32.000/hari
Apabila selama satu bulan berdagang selama 25 hari maka akan mendapatkan laba Rp.32.000 x 25 hari = Rp.800.000/bulan
Omset penjualan agar-agar Rp.120.000/hari. Apabila selama satu bulan berdagang selama 25 hari maka Rp.120.000 x 25 hari = Rp.3.000.000
Jadi, omset dari penjualan Agar-Agar Rasa selama 1 bulan bisa mencapai Rp.3.000.000

Kesimpulan 
            Makanan ringan merupakan  makanan yang sangat digemari oleh masyarakat umum. Baik itu yang berbentuk basah atau yang hanya tahan 1 hari saja, ataupun berbentuk kering yang tahannya sampai berbulan-bulan bahkan  tahunan. Di kota Surabaya sendiri, banyak tersedia jenis makanan atau jajanan ringan, contohnya di swalayan-swalayan ternama. Setiap hari para pelaku bisnis ini akan mengantarkan barang dagangannya ke swalayan-swalayan atau pun ke toko oleh-oleh. Ini membuktikan bahwa bisnis makanan ringan adalah bisnis yang sangat menguntungkan saat ini dan ke depan.
            Begitu juga dengan perencanaan usaha Agar-Agar Coklat yang kami rancang di atas. Agar-agar merupakan makanan ringan yang sangat digemari oleh masyarakat. Agar-agar memang sangat cocok di sajikan disaat cuaca sedang panas khususnya di Indonesia yg beriklim tropis. Agar-agar bisa juga disajikan sebagai makanan untuk acara-acara tertentu. Agar-agar memang merupakan makanan segar yang sangat baik untuk metabolisme tubuh. Diharapkan jajanan ini dapat diterima dan mampu bersaing di pasaran.


Semoga bermanfaat... ☺❤

No comments:

Post a Comment